Pages

Kamis, 05 Mei 2016

Kuasa Kenaikan Tuhan Yesus

Kuasa Kenaikan Tuhan Yesus. Judul khotbah alkitabiah ini benar-benar sesuai dengan fakta iman yang terjadi karena kenaikan Tuhan Yesus Kristus. 


Pada kesempatan baik ini, saya akan menyampaikan tiga kebenaran sederhana mengenai kuasa kenaikan Tuhan Yesus. Kebenaran iman ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Alkitab kepada kita. Dengan memahami kebenaran iman tentang kuasa kenaikan Tuhan Yesus Kristus, maka iman kita akan semakin teguh.

Apa sajakah kuasa kenaikan Tuhan Yesus yang dapat kita terima sebagai umat yang percaya? Bagaimanakah dampak kuasa kenaikan Tuhan Yesus ini bagi kehidupan orang percaya?

Kuasa Kenaikan Tuhan Yesus
Kuasa Kenaikan Tuhan Yesus


Pertama, Kuasa Yang Mengubahkan.


Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga adalah kuasa yang mengubahkan. Mengapa? Ada seratus dua puluh saksi mata yang melihat kenaikan Tuhan Yesus ke sorga. Pengalaman ini benar-benar menghasilkan dampak nyata bagi mereka semuanya. Para saksi mata ini sudah melihat dengan mata kepala sendiri kenaikan Tuhan Yesus ke sorga.

Dampaknya? Terjadi terobosan besar di dalam kehidupan mereka. Terjadi tranformasi yang luar biasa. Sebelumnya  mereka mengalami ketakutan, tidak tahu harus berbuat apa lagi, dan tidak jelas masa depannya. Tetapi, pasca pengalaman dahsyat ini, mereka benar-benar paham akan apa yang akan mereka lakukan.

Diminta menunggu? Siap! Disuruh berdoa terus-menerus? Oke. Harus tinggal terlebih dahulu di Yerusalem? Baik! Harus pergi ke Yudea dan Samaria? Siapa takut!

Kuasa Kenaikan Tuhan Yesus
Kuasa Kenaikan Tuhan Yesus

Kuasa kenaikan Tuhan Yesus Kristus adalah kuasa yang mengubahkan hati, pikiran,, dan perasaan. Kuasa kenaikan Tuhan Yesus Kristus adalah kuasa yang mengubahkan kebiasaan, karakter, dan kecendrungan kita menuju perubahan yang lebih baik. Kuasa kenaikan Tuhan Yesus Kristus adalah kuasa yang membuat perbedaan nyata antara sebelum dan sesudah hari kenaikan Tuhan Yesus Kristus.  

Nah, bagaimana dengan pengalaman iman kita dalam merayakan kenaikan Tuhan Yesus Kristus? Pengalaman pribadi yang mana yang mengubahkan kita, sehingga kita mengalami terobosan dahsyat dalam menjalani kehidupan ini?

 Renungan Kristen:

Jika kita masih kuatir, takut berlebihan, tidak tahu harus berbuat apa lagi dalam hidup ini, apakah kita bisa mengatakan ada kuasa kenaikan Tuhan Yesus bagi kita?
Jika kita masih saja menjalani hidup sebagaimana biasa, tanpa adanya peningkatan dalam karakter, apakah kita layak merayakan kenaikan Tuhan Yesus Kristus?

kuasa mujizat iman bagi orang yang percaya sepenuh hati
kuasa mujizat iman bagi orang yang percaya sepenuh hati

Kedua, Kuasa Mujizat

Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke sorga juga adalah pengalaman mujizat. Mengapa? Karena dengan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga berarti menunjukkan kuasa Tuhan Yesus melebihi hukum alam. Hukum gravitasi tidak berdaya di hadapan Tuhan Yesus. Dan, hal ini adalah konser sorgawi yang menunjukkan ketapa mulia, hebat, dan ajaibnya kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke sorga.

Bagi kita manusia normal, hukum gravitasi selalu memiliki daya hebat. Faktanya: tidak ada satu orangpun manusia yang dapat melawan hukum alam. Siapapun tidak bisa berjalan melayang diatas awan tanpa terjatuh. Tetapi, Tuhan Yesus Kristus sudah membuktikan betapa Dia adalah Tuhan yang memiliki kuasa di sorga dan di bumi.  Pasca kebangkitan-Nya, hukum gravitasi ini bahkan tunduk dan takluk di hadapan-Nya.

Tidak ada yang mustahil bagi orang percaya. Dan, tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

Saat kita tidak melihat pintu terbuka, jangan putus asa. Tuhan masih ada untuk kita. Dia bisa membuka pintu sorga bagi kita, apatah lagi hanya sekedar pintu, jendela, dan gerbang untuk kehidupan yang lebih baik?

kuasa mujizat iman bagi orang yang percaya sepenuh hati
kuasa mujizat iman bagi orang yang percaya sepenuh hati


Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga membuktikan bahwa masih ada mujizat bagi kita orang yang percaya. Kita masih memiliki pengharapan yang melampaui awan. Kita memiliki pertolongan yang melampaui langit. Kita memiliki penolong sejati yang ada di sorga: Tuhan Yesus Kristus!

Jika kita hanya sekedar melihat pertolongan yang bersumber dari manusia, maka kita akan cenderung mengalami kekecewaan. Jika kita hanya melihat apa yang bisa dilihat oleh mata, maka pertolongan kita juga akan terbatas. Sudahkah kita mengarahkan mata, hati, iman kita kepada Tuhan Yesus yang ada di sorga?

Kuasa mujizat adalah kuasa yang melampaui akal, pikiran dan logika manusia. Kuasa mujizat adalah kuasa campur tangan Tuhan dalam hidup manusia. Kuasa mujizat adalah kuasa yang nyata bagi kita orang percaya.

Renungan Kristen:

Persoalan apakah yang tidak bisa diselesaikan dengan kuasa Tuhan? Masalah apa sajakah yang terlampau besar bagi Tuhan? Problem apa sajakah yang mustahil bagi Allah?

kuasa peneguhan iman bagi orang yang percaya sepenuh hati
kuasa peneguhan iman bagi orang yang percaya sepenuh hati

Ketiga, Kuasa Peneguhan Iman

Kenaikan Tuhan Yesus sorga adalah peneguhan iman bagi kita. Tuhan Yesus pergi ke sorga bukan sekedar jalan-jalan atau rekreasi. Tuhan Yesus naik ke sorga juga bukan sekedar pamer kekuatan dan kuasa. Tuhan Yesus naik ke sorga untuk tujuan mulia. Tuhan Yesus naik ke sorga untuk menyiapkan rumah bagi kita orang yang percaya kepada-Nya.

Kenaikan  Tuhan Yesus menguatkan iman percaya dari para murid dan saksi-Nya. Dengan kenaikan Tuhan Yesus, para murid sadar bahwa apa yang mereka percayai tidaklah sia-sia. Apa yang mereka yakini tidak percuma. Apa yang mereka pegang dengan teguh tidak akan terbuang.

Disisi lain, Tuhan Yesus Kristus memberi peneguhan kepada para murid. Mereka akan tinggal bersama Tuhan Yesus. Ya, tempat tinggal yang kekal bagi orang percaya,  bukan berada di suatu tempatyang tidak jelas. Tempat tinggal orang percaya adalah tempat tinggal yang nyata. Tempatnya di sorga yang mulia. Tempatnya jauh melebihi langit. Tempatnya ada diatas. Tempat tinggal orang percaya adalah sorga.

(Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

0 komentar:

Posting Komentar